19 Sep 2012

manfaat daun sirih

Khasiat daun sirih sudah dikenal dan dipercaya oleh nenek moyang   kita sudah sejak jaman dahulu sekali dan nenek moyang menggunakan daun sirih sebagai obat alternativ, jaman sekarang pun juga demikian,walaupun belum banyak orang yang belum mengetahui kasiat daun sirih itu sendiri Dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan menunjukkan manfaat yang terkandung dalam daun sirih itu memang benar adanya. Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau dan tidak memiliki berbunga. Permukaan daun sirih berwarna hijau mengkilap dan memiliki bau yang khas,bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.

Daun sirih juga tumbuh merambat di pagar atau pohon atau diranting-ranting tanaman disekitarnya. Dan saat ini daun sirih banyak diburu orang karena kasiatnya yang luarbiasa.Menurut buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,”daun sirih  memiliki  senyawa aktif alkaloid yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.
Bahkan khasiat dari daun sirih merah ini sudah benar-benar dimanfaatkan oleh Masyarakat Sleman secara turun temurun. Selain kencing manis, masyarakat disana menggunakan sirih merah sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan,  hipertensi (darah tinggi), dan ambien,sakit gigi,mimisan,dll.
Dua peneliti dari IPB yaitu mbak Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah pada binatang bernama tikus. Sebanyak 200 gram daun sirih direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1,Yang mana daun sirih sangat aman untuk dikonsumsi baik untuk orang dewasa maupun anak-anak
Manfaat dalam daun sirih  memang belum begitu banyak diketahu oleh orang , semoga semakin banyaknya penelitian yang dilakukan dapat mengungkapkan khasiat tersembunyi yang ada pada tanaman ini. Bukankan setiap ciptaan Tuhan selallu memiliki manfaat untuk manusia.

12345

BACA INI JUGA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More