18 Apr 2012

khasiat daun sirih

Perlu sobat ketahui tanaman sirih adalah tanaman herbal yang mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan,Daun sirih adalah tanaman asli Indonesia yang sejak dulu kita kenal sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan oleh orang-orang terdahulu dan diturumkan turun temurun hingga saat ini.Tumbuhan ini biasanya merambat,tapi lebih sering bersandar pada batang pohon. Sebenarnya daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Terutama manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
tanaman herbal satu ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut buku-buku yang saya baca daun sirih ini memiliki banyak khasiat. Beberapa khasiat daun sirih yang saya ketahui dari buku-buku yang saya baca adalah untuk menghilangkan bau badan, mengurangi dan menghentikan pendarahan, membantu penyembuhan luka di kulit dan gangguan saluran pencernaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Dan beberapa manfaat daun sirih lainnya yang saya dapat dari beberapa sumber lain adalah bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah (mimisan), dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci,kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol yang terdapat pada daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Daun sirih memang mempunyai segudang manfaat dan khasiat. Seperti misalnya manfaat daun sirih merah sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia. Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena salah satu khasiat dari sirih adalah sebagai antiseptik, yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih,lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan. Dan khasiat lainnya seperti obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan, hipertensi (darah tinggi), dan ambien.

Kegunaan Daun Sirih:
- Batuk
- Sariawan
- Bronchitis
- Jerawat
- Keputihan pada wanita
- Sakit gigi
- Demam berdarah
- Bau mulut
- Haid tidak teratur
- Asma
- Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
- Gusi bengkak (getahnya)
- Membersihkan Mata
- Bau ketiak
- Mimisan

Untuk Obat Luar:
- Eksim
- Luka bakar
- Koreng (pyodermi)
- Kurap kaki
- Bisul
- Sakit mata
- Perdarahan gusi
- Mengurangi produksi ASI yang berlebihan

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat daun sirih yang saya dapat dari berbagai sumber-sumber. Semoga bermanfaat bagi sobat yang memmbacanya.

12345

BACA INI JUGA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More